Mesin Pencari Informasi

Jumat, 13 Januari 2012

Apa maksud dari Pemegang Polis, Tertanggung, Ahli Waris dan Pembayar Premi?


PEMEGANG POLIS

Adalah seseorang yang berjanji /akad dengan perusahaan asuransi, Pemegang Polis mempunyai hak penuh untuk polis yang di terbitkan oleh perusahaan asuransi tersebut, perubahan2 isi polis bisa di lakukan oleh Pemegang Polis, seperti merubah ahli waris, merubah komposisi pembagiannya. Bisa kita bilang Pemegang Polis adalah Owner dari sebuah polis tersebut.

TERTANGGUNG

Adalah seseorang yang menjadi Objek asuransi. Apabila terjadi sesuatu dengan seseorang yang kita sebut tertanggung misal meninggal atau sakit, maka santunan, warisan, atau uang pertanggungan bisa keluar, bisa sebagian atau seluruhnya. Nama Tertanggung dan Pemegang Polist bisa jadi hanya 1 saja.


AHLI WARIS

Adalah seseorang yang menerima santunan asuransi apabila terjadi sesuatu dengan tertanggung. Ahli waris harus mempunyai hubungan kepentingan asuransi dengan si tertanggung. Misal tertanggung adalah Suami, maka Ahli Waris adalah Istri, atau Ayah sebagai tertanggung dan anak adalah ahli waris.

PEMBAYAR PREMI

Adalah seseorang yang membayarkan sejumlah uang kepada perusahaan asuransi. Kadang Pembayar Premi bisa sama dengan Pemegang Polis atau tertanggung. Pembayar Premi biasanya adalah orang yang menghasilkan atau produktif, Misal Kepala Keluarga.

Kesimpulannya, Pemegang Polis, Tertanggung dan Pembayar Premi bisa hanya 1 orang saja, tetapi Ahli Waris harus berbeda yang mempunyai kepentingan asuransi.

2 komentar:

  1. mau tanya dong, kl saya mau beli asuransi untuk orang tua dan adik saya sebagai tertanggung, saya yang akan membayar preminya setiap bulan, apakah saya bs disebut sebagai Pemegang Polis atau hanya sebagai pembayar premi saja?
    dan apabila terjadi sesuatu dengan saya (meninggal), apakah pembayaran premi akan tetap dibayarkan oleh perusahaan asuransi, seperti produk pru payor.. atau orangtua dan adik saya melanjutkan membayar premi dengan biaya sendiri.

    mohon pencerahannya ya

    BalasHapus